Senin, 03 Februari 2014

Tips Membuat Fanfiction yang Menarik

Annyeonghaseyo!!!!!Saya Shin Hana a.k.a Arnila Trisna Putri ingin membagi tips buat kalian yang masih menjadi penulis pemula.Hmmm..bagaimana cara membuat ff yang baik??

1.Tentukan judul


Buatlah judul yang menarik dan pas sesuai dengan ff kamu.Misalnya nih cerita kamu tentang takdir yang mempertemukan seorang yeoja dan namja nih,jadi judulnya harus yang menggambarkan kisah tersebut contohnya adalah "Our Love Destiny" atau "Destiny".Usahakan judulnya dibuat semenarik mungkin agar para readers mau membaca ff kamu.


2.Tentukan para cast

Nah buat cast nih menurut saya itu terserah kalian.Tapi kalau saran saya nih buatlah ff yang memang sesuai dengan hati kamu.Jangan memilih cast yang populer tapi kamu nya gak sreg.Ingat,kalau cast di ff itu bukan cast yang kamu sukai,mungkin saja ff buatan kamu akan menjadi jelek.


3.Pengenalan Tokoh

Pengenalan tokoh biasanya terjadi di awal paragraf.Tapi jika mengenalkan para tokoh sebaiknya dilakukan oleh author POV karena author-lah yang paling bisa mengenal para cast-nya dengan baik.


4.Genre Cerita

Hmmm..buat yang satu ini usahakan membuat genre yang sudah kita kuasai agar mempermudah kita membuat ff nya.Genre yang paling mudah dalam ff adalah Romance,Friendship,Brothership,Soft,pokoknya yang serba bahagialah.Genre ini paling mudah dikuasi karena konfliknya yang ringan dan mudah dipahami pembaca.

Kalau buat genre yang agak sulit adalah sad,angst,hurts,pokoknya yang serba sedih.Genre ini lumayan sulit karena jika tidak memiliki mood atau fell tentunya ff dengan genre ini akan sangat jelek.Selain itu ff ini harus bisa membuat para pembaca berdebar-debar atau menangis.Jika kalian bisa melakukannya,maka kalian sukses membuat ff dengan genre ini.

Kalau genre yang memiliki kesulitan tingkat tinggi adalah Action,Thiller,Adventure,Fantasy,Crime,Mystery,and suspense,pokoknya yang serba dark atau mystery.FF ini benar-benar menguras orak para author dan cara pembawaan ceritanya harus dipahami pembaca.


5.Tentukan Alur Ceritamu

Ini adalah masalah yang paling rumit ketika membuat ff :o

Untuk ff berchapter, alur ceritanya akan sangat panjang.Bahkan saking panjangnya ada author yang gak mau membuat ff nya tamat.Jika anda membuat ff dengan lenght chapter usahakan ceritanya tamat ya dan jangan berbelit-belit.

Untuk ff oneshot,alur ceritanya gak terlalu panjang.Biasanya nih konflik dalam ff ini hanya satu dan castnya gak lebih dari 3-4 orang.

Sebaiknya tentukan alur ff kalian sebelum membuat ff dan esuaikan dengan konflik agar ceritanya gak terlalu panjangnya.


6.Konflik

Ini bagian yang paling seru dalam ff >_<

Sebaiknya pilih konflik yang tidak membuat bingung para pembaca dan tidak berbelit-belit.Jangan sampai gara-gara konflik yang berbelit-belit,para pembaca akhirnya gak mau membaca ff kamu.

Buat oneshot sebaiknya konfliknya hanya satu saja dan jangan ditambah-tambah.Fokuskan pada satu konflik dan ending cerita.

Buat Chapter sebaiknya konfliknya dikeluarkan sedikit demi sedikit.Boleh saja buat konflik yang ribet tapi harus ada pemecahannya dan terlebih lagi alurnya jangan kepanjangan.

Konflik yang biasanya ringan ada pada genre Romance and soft

Konflik yang biasanya sangat berat adalah sad,angst,and hurts.Konflik ff ini tentu harus berat agar pembaca bisa menangis saat melihat ff ini.

Pokoknya tentukan konflik buat ff mu dengan baik.


7. Ending

Jrenggg...ini adalah bagian yang sangat ditunggu oleh pembaca sekaligus para athor yang buat ff ini.Ending dalam ff biasanya ada 4 yaitu:

1.Happy Ending

Kalau ending kayak gini biasanya sih tokoh utamanya mendapatkan kebahagiaannya dan semua konflik terselesaikan.Pokoknya ending ini mampu membuat semua readers senang.Saya sangat suka dengan ending happy.

2.Sad Ending

Kalau ending kayak gini biasanya sih tokoh utamanya itu tidak berhasil mendapatkan kebahagiaannya dan mengalami kegagalan sata menyelesaikan konflik.Biasanya sih tokoh utamanya itu mati.Pokoknya ending ini mampu membuat semua orang berbebar,shock,bahkan menangis.Saya tidak suka ff dengan ending seperti ini karena menurut saya semua cerita itu harus berakhir bahagia dan mendapatkan kebahagiaan.Makanya kalian jangan bingung jika saya kurang bisa buat ff dengan sad ending.

3.Happy and Sad Ending

Kalau ending ini biasanya tokoh utama mendapatkan kebahagiaan sekaligus kesedihan saat akhir cerita.Jarang lho ada yang pake 2 ending sekaligus.

4.Ending Gantung

Kalau ending ini biasanya sih ceritanya sudah berakhir tapi masih ada satu masalah yang belum selesai.Jujur ff ini paling bikin sebal karena kalau cerita kan harusnya masalahnya sudah selesai eh malah masih ada masalahnya.


Nah segitu saja tips dari saya.So,kalian siap membuat ff??Ayo buat sekarang juga

6 komentar:

  1. wah makasih ya thor tips nya,saya juga suka buat cerita,tapi belum ada satupun yg selesai,#jadicurhathehehe
    sekali lagi gomawoyo ^^

    BalasHapus
  2. Tipsnya bagus, boleh share nggak? Pastinya pake link kok. Tq.

    BalasHapus
  3. Mkasih ya thor ataa tips ya...

    BalasHapus
  4. Thanks banget soalnya aku pengen buat ff
    Gomawo 😊

    BalasHapus